Hari Kiamat Menurut Islam : 3 Tanda Penting Sebelum Datangnya Hari Kiamat

Hari Kiamat adalah rukun iman yang ke - 5 pada agama Islam . Berarti anda pasti tau apa itu hari kiamat ? Hari kiamat adalah waktu ketika seluruh alam semesta ini hancur lebur beserta makhluk hidup yang ada didalamnya. Tidak ada yang dapat menghindari hari kiamat karena hal itu adalah takdir dari Allah. Suara Sangkakala yang ditiup oleh malaikat israfil atas ijin Allah itu megawali detik - detik penghancuran.
Gambaran Hari Kiamat
Jika anda pernah melihat film "2012", anda akan menyaksikan masih ada ratusan orang yang hidup setelah bencana besar itu terjadi. Di hari kiamat yang sesungguhnya tidak seperti itu, semua akan dibuat rata.

Peristiwa hari kiamat itu perumpamaannya bagaikan anai - anai atau rayap yang bertaburan keluar ketika rumahnya telah rusak dengan tiba - tiba. Serta gunung - gunung akan meletus mengeluarkan lava pijar dan abu vulkaniknya seperti bulu yang berhamburan ke mana - mana.

Seperti yang telah dicantumkan pada potongan ayat Al - Qur'an berikut:
Al -Qariah ayat 4 - 5
"Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran"  (4)
"dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan"  (5)

Kedatangan hari kiamat tidak ada yang tau, hanyalah Allah yang mengetahuinya. Walaupun para Ilmuan di seluruh dunia meneliti tentang alam semesta ini dengan alat - alat yang canggih, atau mereka telah mengetahui gejala - gejala perubahan yang terjadi, tetap saja mereka tidak akan tau kapan hal itu terjadi.

Penjelasan ini sudah ada pada surat - surat Al - Quran, contohnya:

Thaha ayat 15
”Segungguhnya hari kiamat itu akan datang, Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan.”

Al - A'raf ayat 187
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui"

Sebelum Hari kiamat  itu datang, Ada beberapa tanda yang akan terjadi diantaranya matahari terbit dari arah barat , keluarnya Dajjal untuk memfitnah manusia, munculnya binatang - binatang baru.

‘Ada tiga hal yang jika keluar, maka tidak berguna lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu atau (belum) berusaha berbuat kebaikan dengan imannya itu: terbitnya matahari dari barat, Dajjal, dan binatang bumi.’” (H.R Muslim)

“… pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Rabb-mu tidak berguna lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau (belum) berusaha berbuat kebajikan dengan imannya itu…” (Al-An’aam: 158)

1. Matahari Terbit Dari Barat
Gambaran Matahari Terbit Dari Barat
Ketika Matahari terbit dari arah barat apa yang akan terjadi? orang - orang akan berbondong - bodong masuk agama islam serta akan memperdalam iman dan taqwa kepada Allah SWT. Akan tetapi usaha yang mendadak itu sia - sia. Karena di waktu tanda -tanda datangnya hari kiamat sedang berlangsung, seluruh amal manusia tidak akan diterima oleh Allah. Maka dari itu, marilah kita tingkatkan lagi iman kepada Allah mulai dari sekarang karena masih ada waktu sebelum peristiwa tersebut telah terjadi.

“Tidak terjadi hari Kiamat sebelum matahari terbit dari barat; jika sudah terbit dari barat maka manusia semuanya beriman. Pada hari itu imannya orang yng sebelumnya tidak beriman atau tidak berbuat baik dalam masa imannya, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya”. (HR. Bukhari dan Muslim) 

2. Fitnah Dajjal
Gambaran Dajjal
Rasulullah telah memberi peringatan kepada seluruh umat muslim akan munculnya dajjal sebelum hari kiamat. Fitnah terbesar yang pernah ada adalah fitnah dajjal. Banyak sekali jumlahnya hadist Rasulullah tentang Dajjal, dan di dalam hadist itu terdapat do'a agar diberi pelindungan oleh Allah.

”Tidak ada seorang nabi pun yang diutus melainkan ia memperingatkan umatnya dari yang buta sebelah dan pendusta. Ingatlah, dia itu buta sebelah matanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu tidak buta sebelah mataNya. Dan di antara kedua matanya tertulis ‘kafir’. (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Muncul Hewan Melata Aneh
Gambaran Hewan Melata yang Aneh
Akhir - akhir ini, kita melihat informasi yang disiarkan melalui koran atau televisi bahwa ditemukannya spesies - spesies hewan baru. Ini hal yang aneh, karena sejak adanya kehidupan manusia, hewan - hewan banyak yang punah karena keserakahan manusia sendiri atau kalah dengan ekosistem di bumi yang semakin kacau.

Hewan melata sebelum hari kiamat ini benar - benar menabjukkan, karena bentuknya seperti gabungan dari beberapa hewan menjadi 1 anggota tubuh. Hewan ini muncul dari dalam bumi dan mempunyai tujuan yaitu memberitahukan kepada umat manusia bahwa mereka tidak mempercayai Al - Qur'an lagi. Serta Ia dapat memberi tanda pada setiap wajah manusia apakah itu orang kafir atau orang mukmin. Hewan ini bernama Dabbatul Ardh.
"Dan apabila Perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa Sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (an-Naml: 82).

Abu Dawud ath-Thayalisi berkata, bahwa Abu Hurairah berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Binatang bumi itu keluar membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman. Lalu binatang itu memukul [mencap] hidung orang kafir dengan tongkat itu dan mencap wajah orang Mukmin dengan cincin tersebut, hingga manusia berkumpul di sebuah perkumpulan, dimana orang Mukmin dapat diketahui dari orang kafir.” (HR Ahmad).

Dalam hadits Ibnu Majah dikatakan bahwa beliau bersabda: “Lalu hidung orang kafir dipukul dengan cincin dan wajah orang Mukmin dicap dengan tongkat, hingga orang-orang yang berkumpul dalam satu pertemuan berkata: ‘Ini, hai Mukmin dan ini hai kafir.’” (HR Ibnu Majah).

Jika ke - 3 tanda - tanda itu sudah muncul, maka tanda lainnya akan mengikutinya. Serta kita sebagai umat manusia hanya dapat menerima keputusan itu . Suatu hari dimana penghakiman manusia ketika hidup di dunia, semua akan menjalani kehidupan berikutnya baik di surga atau di neraka tergantung bobot amal ibadah yang selama ini dikumpulkan.

Marilah segera perbaiki perbuatan buruk yang telah kita lakukan contohnya, mempermainkan harga jual beli suatu barang, itulah hal yang sering terjadi dan melekat di kehidupan duniawi. Luangkan waktumu untuk berdekat diri kepada Allah serta mendapatkan ridho'-Nya. Perbanyaklah amalanmu semoga dengan 1 hal itu dapat mengantarkanmu ke kehidupan surga yang kekal.
Sumber Ilmu: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Kiamat Menurut Islam : 3 Tanda Penting Sebelum Datangnya Hari Kiamat"

Post a Comment