Pria Bali Membuat Tangannya Menjadi Seperti Robot



Salah seorang pria yang sekarang ini tengah menjadi perhatian netizen usai 2 fotonya beredar luas dan viral di media sosial, I Wayan Sumardana atau Sutawan alias Tawan, langsung menyedot perhatian pasalnya, Tawan terlihat seperti sedang memakai sebuah tangan dari besi mirip robot-robot di film Sci-fi seperti Terminator. Pria asal Karangasem, Bali tersebut ternyata alami kelumpuhan dan dengan sedikit ide, ia pun akhirnya membuat tangan robot.

Tawan mengungkapkan, jika dirinya hanya mempunyai bekal informasi dari internet juga ilmu yang ia dapatkan ketika ia masih sekolah di STM, selanjutnya tanpa pikir panjang ia pun terus berusaha menciptakan tangan robot hasil karyanya sendiri. Uniknya lagi, bahan yang Tawan pakai hanyalah beberapa rongsokkan yang ada di bengkel miliknya seperti shock dari sepeda motor, sampai perangkat elektronik dari sebuah komputer bekas yang tak terpakai.


Usai Tawan lakukan uji coba beberap akali dan sempat alami kegagalan, akan tetapi karena serius dan pantang menyerah, akhirnya tawan pun sukses mebuat tangan robot jenis EEG tersebut. Tawan mengungkapkan, jika tangan robot buatannya ternyata lumayan membantu akan aktivitas yang ia kerjakan, malahan ada kekuatan yang lebih besar lagi. Malahan, Tawan pun sekarang bisa angkat pelek mobil yang beratnya 10 kg hanya dengan tangan kiri yang ia gerakan memakai robot.


Di bengkel kerjanya di Banjar Tauman tepi jalan Candidasa - Tenganan Pageringsingan, Tawan tampak sibuk bekerja di bengkelnya.

Namun, Tawan mengungkapkan jika tangan robot hasil ciptaanya ternyata ada kelemahan, pasalny a ia menggunakan sinyal otak untuk menggerakan sehingga ia merasakan jika sinyal otaknya terus terkuras. Akan tetapi, I Wayan Sumardana Tukang Las Buat Tangan Robot tetap bahagia karena tangan kirinya yang alami kelumpuhan bisa sehat dan bisa membantu istri tercinta di bengkel.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pria Bali Membuat Tangannya Menjadi Seperti Robot"

Post a Comment