Dasar Teori : Bagaimana Cara Kerja Sistem Power Window?

Kelas XII (12) jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) atau Otomotif pasti kalian akan diajarkan oleh guru pembimbing untuk mempelajari sistem power window. Setelah melakukan praktik tentang pembelajaran tersebut, kalian pasti harus membuat laporan yang diawali dengan dasar teori. Maka dari itu, saya akan membahas apa itu sistem power window, sehingga dapat dijadikan bahan pembuatan laporan atau sekedar ingin mempelajarinya.

Sistem power window adalah sistem untuk membuka dan menutup jendela secara elektrik dengan menggunakan motor listrik dan saklar sebagai pengendalinya.
Ada beberapa tipe sistem power window sekarang ini, mulai dari yang pengoperasiannya manual ( saklar ditekan setengah ke arah turun atau  ditarik ke atas), Otomatis ( saklar ditekan maksimal ke arah turun atau ditarik ke atas), Dan ada juga yang diberi tambahan pendeteksi jepitan sehingga ketika ada benda yang terepit saat kaca jendela naik, maka otomatis berhenti.

Sinyal yang keluar dari saklar adalah sinyal positif atau negatif dengan arah yang dapat diubah sesuai posisi naik atau turun. Maka motor listrik akan berputar sesuai sinyal yang didapat dan siteruskan ke mekanisme power window dan dirubah menjadi gerakan naik atau turun kaca jendela kendaraan.

Dari prinsip mekanismenya, mekanisme power window mempunyai 2 jenis : mekanisme kabel dan mekanisme regulator.

Mekanisme kabel bekerja ketika motor listrik mentransfer energinya melalui kabel fleksibel yang disambungkan pada pemegang kaca sehingga bila motor listrik berputar menarik atau mengendor, kaca jendela akan ikut naik atau turun.
Mekanisme regulator bekerja ketika motor listrik mentransfer kepada pinion kemudian akan menggerakkan gigi regulator dan pada akhirnya mekanisme pengangkat kaca akan bergerak naik atau turun.

Sistem power window terdiri dari 4 komponen utama yaitu saklar utama power window, saklar power window lain, motor power window dan regulator power window.

Saklar utama power window


Terdapat di pintu pengemudi, semua pintu dapat diaktifkan dari sini. Terdiri dari saklar power pengemudi kanan depan ,saklar penumpang kanan depan, saklar penumpang kiri depan dan belakang , serta saklar pengunci power window yang membuat seluruh saklar power window tidak dapat dioperasikan kecuali pada saklar utama.

Saklar power Window Lain



Saklar ini berada pada tiap – tiap pintu penumpang yaitu pintu kiri depan dan belakang, serta pintu penumpang kanan belakang. Saklar ini hanya berfungsi menaikkan atau menurunkan pada kaca jendela dimana saklar itu berada. Contohnya jika saklar itu berada di pintu kanan belakang maka hanya di bagian itulah kaca jendela dapat dioperasikan dan kaca jendela lain tidak terpengaruh oleh sinyalnya.

Motor power Window


Motor power window merupakan motor listrik dengan arus DC, fungsinya memutar roda gigi pinion. Sehingga ketika motor listrik berputar maka akan merubah posisi komponen yanag terkait olehnya dan  mengakibatkan naik turunnya kaca jendela.

Regulator Power Window



Motor power window mempunyai gerakan berputar, regulator yang didukung oleh lengan X akan mengubah gerakan berputar tersebut menjadi gerakan naik (menutup) atau turun (membuka). 
Sekian penjelasan tentang cara kerja sistem power window dari saya, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dasar Teori : Bagaimana Cara Kerja Sistem Power Window?"

Post a Comment