Kelas XII
(12) jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) atau Otomotif pasti kalian akan
diajarkan oleh guru pembimbing untuk mempelajari sistem power window. Setelah
melakukan praktik tentang pembelajaran tersebut, kalian pasti harus membuat
laporan yang diawali dengan dasar teori. Maka dari itu, saya akan membahas apa
itu sistem power window, sehingga dapat dijadikan bahan pembuatan laporan atau
sekedar ingin mempelajarinya.
Sistem power
window adalah sistem untuk membuka dan menutup jendela secara elektrik dengan
menggunakan motor listrik dan saklar sebagai pengendalinya.
Ada beberapa
tipe sistem power window sekarang ini, mulai dari yang pengoperasiannya manual
( saklar ditekan setengah ke arah turun atau ditarik ke atas), Otomatis ( saklar ditekan
maksimal ke arah turun atau ditarik ke atas), Dan ada juga yang diberi tambahan
pendeteksi jepitan sehingga ketika ada benda yang terepit saat kaca jendela
naik, maka otomatis berhenti.
Sinyal yang
keluar dari saklar adalah sinyal positif atau negatif dengan arah yang dapat
diubah sesuai posisi naik atau turun. Maka motor listrik akan berputar sesuai
sinyal yang didapat dan siteruskan ke mekanisme power window dan dirubah
menjadi gerakan naik atau turun kaca jendela kendaraan.
Dari prinsip
mekanismenya, mekanisme power window mempunyai 2 jenis : mekanisme kabel dan
mekanisme regulator.
Mekanisme
kabel bekerja ketika motor listrik mentransfer energinya melalui kabel
fleksibel yang disambungkan pada pemegang kaca sehingga bila motor listrik
berputar menarik atau mengendor, kaca jendela akan ikut naik atau turun.
Mekanisme
regulator bekerja ketika motor listrik mentransfer kepada pinion kemudian akan
menggerakkan gigi regulator dan pada akhirnya mekanisme pengangkat kaca akan
bergerak naik atau turun.
Sistem power
window terdiri dari 4 komponen utama yaitu saklar utama power window, saklar
power window lain, motor power window dan regulator power window.
Saklar utama power window
Terdapat di
pintu pengemudi, semua pintu dapat diaktifkan dari sini. Terdiri dari saklar
power pengemudi kanan depan ,saklar penumpang kanan depan, saklar penumpang
kiri depan dan belakang , serta saklar pengunci power window yang membuat
seluruh saklar power window tidak dapat dioperasikan kecuali pada saklar utama.
Saklar power Window Lain
Saklar ini
berada pada tiap – tiap pintu penumpang yaitu pintu kiri depan dan belakang,
serta pintu penumpang kanan belakang. Saklar ini hanya berfungsi menaikkan atau
menurunkan pada kaca jendela dimana saklar itu berada. Contohnya jika saklar
itu berada di pintu kanan belakang maka hanya di bagian itulah kaca jendela
dapat dioperasikan dan kaca jendela lain tidak terpengaruh oleh sinyalnya.
Motor power Window
Motor power window
merupakan motor listrik dengan arus DC, fungsinya memutar roda gigi pinion.
Sehingga ketika motor listrik berputar maka akan merubah posisi komponen yanag
terkait olehnya dan mengakibatkan naik
turunnya kaca jendela.
Regulator Power Window
Motor power window mempunyai gerakan
berputar, regulator yang didukung oleh lengan X akan mengubah gerakan berputar
tersebut menjadi gerakan naik (menutup) atau turun (membuka).
Sekian penjelasan tentang cara kerja sistem power window dari saya, semoga bermanfaat.
0 Response to "Dasar Teori : Bagaimana Cara Kerja Sistem Power Window?"
Post a Comment