Ternyata Memakai Baju Bergambar Dilarang Ketika Shalat

Terkadang kita sendiri atau orang lain tidak memperhatikan pakaian yang digunakan ketika melakukan ibadah shalat. Perasaan terburu - buru atau ingin segera melaksanakan membuat hal - hal yang penting malah ditinggalkan. 

Pernahkah kamu melihat merk sarung atau tulisan - tulisan di bagian belakang baju orang lain ketika sedang shalat berjamaah? dan kebetulan kamu ada dibelakangnya, Pasti lucu kalau dibayangkan. Ketika sedang khusyuknya mendengarkan imam membacakan surat Al-Qur'an, tidak sadarnya matamu memandang ke tulisan itu dan membacanya - terus menerus!. 

Masalah ini sebenarnya sudah diterangkan pada hadits shahih Bukhari No.708 - 710 :


"Telah menceritakan kepada kami 'Ali bin 'Abdullah berkata, telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Sa'id berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu 'Arubah berkata, telah menceritakan kepada kami Qatadah bahwa Anas bin Malik ia menceritakan kepada mereka, ia berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kenapa orang-orang mengarahkan pandangan mereka ke langit ketika mereka sedang shalat? Suara beliau semakin tinggi hingga beliau bersabda: "Hendaklah mereka menghentikannya atau Allah benar-benar akan menyambar penglihatan mereka."  (Bukhari No.708)
"Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Al Ahwash berkata, telah menceritakan kepada kami Asy'ats bin Sulaim dari Bapaknya dari Masruq dari 'Aisyah berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tentang menoleh dalam shalat." Maka Beliau bersabda: "Itu adalah sambaran yang sangat cepat yang dilakukan oleh setan terhadap shalatnya hamba."  (Bukhari No.709)
"Telah menceritakan kepada kami Qutaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Az Zuhri dari 'Urwah dari 'Aisyah, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam shalat dengan mengenakan baju yang ada gambarnya, beliau lalu bersabda: "Gambar-gambar pada pakaian ini menggangguku. Kembalikanlah kepada Abu Jahm, agar dia mengganti dengan pakaian yang terbuat dari bulu kasar yang tidak bergambar."  (Bukhari No.710)
Bila kamu pernah mengarahkan pandangan ke arah lain, maka segeralah hentikan itu. Inilah perbuatan setan yang mengganggu kita ketika beribadah. Apapun akan dilakukan setan agar shalat kita menjadi kurang baik. Sebaiknya memandanglah ke arah bawah sambil fokus mendengar setiap ayat yang diucapkan imam karena akan menambah rahmat bagimu.


Dari hadits di atas dengan jelasnya bahwa kita tidak boleh menggunakan pakaian yang bergambar atau bertulisan karena dapat mengalihkan penglihatan dan pastinya sangat mengganggu bagi orang lain. Sebagai contohnya kamu gunakan baju polos, batik, atau yang lebih islami seperti baju religi/ koko. Ada baiknya bahan baju tersebut enak dipakai, maka kenyaman untuk dirimu dan orang lain akan didapat.



Baca Juga Artikel Terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Memakai Baju Bergambar Dilarang Ketika Shalat "

Post a Comment