Larangan Berbicara Ketika Sedang Shalat

Larangan Berbicara Ketika Sedang Shalat

Shalat adalah tiang agama umat Islam, Sarana penghubung antara hamba dengan Tuhannya serta shalat menandakan bila hamba tersebut taat terhadap perintah Allah. Tapi, jika anda tidak melakukannya dengan benar seperti berbicara ketika shalat, apa yang akan anda dapatkan?.

Ketika sedang shalat, sering sekali ada yang mengganggu konsentrasi baik dari pikiran maupun situasi di sekitar tempat anda melakukan ibadah. Padahal bila anda memiliki tujuan yang jelas seperti ingin mendapatkan nikmat dari Allah, semua itu tidak akan menjadi masalah.

"Kami pernah memberi salam kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ketika Beliau sedang shalat dan Beliau membalas salam kami. Ketika kami kembali dari (negeri) An-Najasyi kami memberi salam kembali kepada Beliau namun Beliau tidak membalas salam kami. Kemudian Beliau berkata: "Sesungguhnya dalam shalat ada kesibukan". Hadits Bukhari No.1124.

Kesibukan yang dimaksud disini adalah permohonan hamba kepada Allah agar menjadi baik kedepannya. Nah, berarti manfaatkan momen tersebut untuk berdo'a sungguh - sungguh. janganlah beribadah hanya sekedar melakukan bahkan menyibukkan diri pada sesuatu yang tidak penting seperti memikirkan hutang, berbicara, menoleh kanan - kiri, menggerak - gerakkan anggota tubuh karena semua itu tidak ada pada tata cara shalat sesuai ajaran Nabi Muhammad.

"Sungguh kami pernah berbicara ketika sedang shalat hingga ada seorang diantara kami yang berbicara dengan temannya tentang kebutuhannya sampai kemudian turun firman Allah Ta'ala (dalam surah Al Baqarah) "Peliharalah seluruh shalat kalian dan shalat Al Wustha dan berdirilah (dalam shalat) untuk Allah dengan khusyu". (QS. Albaqarah, 238), Maka kami diperintah untuk diam". Hadits Bukhari No.1125

Kendalikanlah diri anda ketika shalat, karena sebenarnya itu adalah gangguan setan, sejatinya setan itu akan selalu menyesatkan manusia. Bila anda sanggup melakukan semuanya dengan sempurna maka anda adalah orang yang shalat dengan memenuhi syarat sah shalat. 

Barangsiapa shalat de­ngan tanpa kesaksian akal, maka ia adalah orang yang shalat dengan lupa. Barangsiapa shalat namun hatinya tidak pernah hadir, ia adalah orang yang shalat dengan alpa. Barangsiapa shalat tanpa menundukkan anggota badan maka ia shalat dengan anggota yang merenggang dan jauh dari Tuhannya. Dan barangsiapa shalat dengan tanpa kekhusyu’an hati maka ia adalah orang yang shalat dengan kesalahan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Larangan Berbicara Ketika Sedang Shalat"

Post a Comment